BI Dorong Akselerasi KKI dan QRIS melalui TP2DD

Surabaya, Agustus 2023 – Pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2023 dilaksanakan kegiatan Sarasehan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang bertemakan “Sosialisasi KKI dan QRIS untuk Mengakselerasi Digitalisasi Daerah” di Hotel Sheraton Surabaya. TP2DD merupakan suatu forum koordinasi antar instansi dan stakeholder untuk mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan transformasi tata kelola keuangan.

Melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah, Bank Indonesia menghimbau para pemerintah daerah untuk memperluas akses transaksi digital keuangan. Upaya yang dilakukan adalah dengan adanya akselerasi Kartu Kredit Indonesia dan pembayaran melakukan sistem digital berupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Tak terkecuali untuk Pemerintah Kabupaten Ngawi yang telah melakukan transisi ke sistem digital untuk sistem keuangan daerah.

Pemerintah Kabupaten Ngawi yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah  telah diundang secara langsung untuk menghadiri kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Ngawi selalu meningkatkan penggunaan transaksi digital di setiap urusan keuangan pemerintahan maupun dengan masyarakat umum.