BADAN KEUANGAN BERPERAN AKTIF DALAM PENANGANAN IBU HAMIL YANG KEKURANGAN ENERGI KRONIS DAN BERESIKO TINGGI

Dalam rangka membatu meringkatkan Kesehatan Ibu Hamil ( Bumil) tidak mampu yang mengalami kekurangan energi kronis (KEK)dan beresiko tinggi (Resti), Badan Keuangan Kabupaten Ngawi berkunjung ke rumah bumil KEK dan Resti di Kecamatan Kendal, yang meliputi desa Dadapan dan Desa Kendal, pada Rabu 12/04/2023.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung prioritas Bapak Bupati Ngawi dalam menurunkan angka stunting, melalui program orang tua asuh bumil KEK dan Resti dari keluarga yang tidak mampu. Program tersebut dikuatkan dengan diterbitkannya SK Bupati Nomor 188/76/404.101.2/B/2023 tentang Penetapan orang tua asuh bagi ibu hamil tidak mapu yang KekuranganEK dan Resti.

Orang tua asuh Bumil KEK dan Resti memiliki peran yaitu :

  1. Mendampingi ibu mulai masa kehamilan, persalinan, nifas dan masa menyusui sampai bayi berumur 6 bulan
  2. Memberikan bantuan makanan tambahan
  3. Memberikan motivasi kepada ibu dan keluarganya untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur dan melakukan persalinan di fasilitas Kesehatan serta pemberian ASI eksklusif

Pada kesempatan kunjungan tersebut, diserahkan bantuan bahan makanan untuk dimasak dan dikonsumsi, agar menambah asupan gizi bagi bumil sehingga akan melahirkan balita yang sehat.