BADAN KEUANGAN KABUPATEN NGAWI IKUTI WORKSHOP PEMANFAATAN DATA SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL (SUSENAS)

Ngawi, 21 November 2023 – Badan Keuangan Kabupaten Ngawi melalui Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah mengikuti Workshop Pemanfaatan Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ngawi. Workshop dilaksanakan pada hari Selasa, 21 November 2023 di Kurnia Convention Hall Ngawi.

Workshop dibuka langsung oleh Wakil Bupati Ngawi, Dr. Dwi Rianto Jatmiko, M.H.,M.Si, dihadiri FORKOPIMDA dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Ngawi, terutama yang berkaitan dengan bidang sosial ekonomi. Wakil Bupati Ngawi menyampaikan bahwa data Susenas merupakan data yang sangat penting untuk mengukur kondisi sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Ngawi pada khususnya, mengevaluasi program-program pembangunan yang telah dilaksanakan serta untuk merumuskan kebijakan yang tepat sasaran.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kabupaten Ngawi, Bagas Susilo, S.ST, M.Si, mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas peserta dalam pemanfaatan data Susenas. “Data Susenas merupakan data yang sangat berharga, dan harus dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pembangunan di daerah”. Bagas menambahkan bahwa data Susenas dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perencanaan pembangunan, evaluasi program, dan penyusunan kebijakan.

Peserta workshop diberikan materi mengenai pemanfaatan data Susenas, implementasi program kegiatan dalam rangka penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Ngawi serta pengelolaan statistik sektoral dan walidata daerah.